loading...
Source : YukKitaParty |
Sebelumnya Putri, mahasiswa yang menempuh program studi Ilmu Politik Unnes 2013 ini memiliki usaha
menjual pernak-pernik ulang tahun (balon foil, bunting
flag, balon helium dan lain-lain). Ia
memanfatkan berbagai media sosial untuk mempromosikan usahanya, diantaranya
ialah melalui Instagram dengan akun @yukkitabeli,
YUKITABELI adalah brand
usaha pertama putri yang harapannya dengan nama itu bisa mengajak semua orang untuk
membeli barang jualannya.
Tidak berhenti disana, banyaknya
customer yang meminta bantuan untuk mempersiapkan semua keperluan hingga menyelenggarakan
pesta. Putri pun mencoba berpikir lebih kreatif untuk mendirikan usaha baru
terutama di bidang produk jasa. Putri pun
mengajak sahabatnya Ulya untuk memberanikan diri membuka usaha party planner dengan brand YUKITAParty walau pun dengan modal
yang minim.
Kedua sahabat ini awalnya ragu-ragu membuka usaha ini
karena tak cukup modal yang dimiliki, karena usaha ini membutuhkan banyak
peralatan dengan harga yang mahal tetapi mereka yakin bahwa mereka bisa membeli
peralatan seiring berkembangnya usaha ini. Sama seperti usaha sebelumnya, Putri
mengembangkan usahanya ini dengan membuat akun Instagram @yukkitaparty dan
membuat pricelist yang menarik.
Source: YukKitaParty |
Suatu hari, customer yang ingin merayakan pesta ulang
tahun keponakannya dengan tema thinkerbell di daerah Ungaran. Tanpa pikir
panjang, dua sahabat ini langsung merencanakan, menyiapkan semua keperluan,
hingga menyelenggarakan pesta ulang tahun tersebut. Mereka yakin bahwa tawaran
ini menjadi pintu untuk yang selanjutnya. Semenjak itu, menurut Putri, banyak
teman-teman yang ingin dibuatkan pesta yang sama.
Putri dan Ulya melihat ini sebagai peluang bisnis. Meski
terhalang oleh keterbatasan modal, mereka mencoba menjalankan bisnis YUKITAParty
secara perlahan.
“Kami tidak memiliki modal banyak. Untuk merancang sebuah
pesta, kami menggunakan uang klien. Jadi bisa dikatakan kami merintis bisnis
ini tanpa modal sendiri dan kami ingin membuat party planner untuk semua
kalangan dengan budget yang menyesuaikan,” ujar Putri yang baru berusia 22
tahun ini, Selasa (3/5/2016)
Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis adalah
strategi pemasaran dari mulut ke mulut (word
of mouth) dan media sosial. Gayung bersambut. Dari satu pesta, dua orang
ini mulai merencakan pesta lainnya. Kendati baru seumur jagung, YUKITAParty mampu menyelenggarakan 1-2
pesta seminggu
Perkembangan bisnis YUKITAParty tak hanya terlihat dari bertambahnya jumlah klien, tetapi jenis pesta. Jika sebelumnya mereka memulainya dengan merancang pesta ulang tahun anak-anak, kini Putri dan Ulya juga bisa pesta lajang (bridal shower) dll
Perkembangan bisnis YUKITAParty tak hanya terlihat dari bertambahnya jumlah klien, tetapi jenis pesta. Jika sebelumnya mereka memulainya dengan merancang pesta ulang tahun anak-anak, kini Putri dan Ulya juga bisa pesta lajang (bridal shower) dll
Bukan itu saja, YUKITAParty bisa merancang pesta sesuai
dengan keinginan konsumen. Sebelum membeli peralatan dan menata ruangan, Putri dan Ulya biasanya
bertemu dengan klien untuk membahas semua yang dia inginkan.
“Kita
tidak ingin mematok harga yang mahal, kita ingin semua orang bisa membuat pesta
sesuai dengan budget yang mereka miliki dan kita sebagai party planner berusaha
memberikan sesempurna mungkin” ujar perempuan yang juga memiliki bakat menyanyi ini.
YUKITAParty mematok tarif jasa party planner ini mulai
dari 75000/pax untuk setiap acara. Harga tersebut disesuaikan dengan kerumitan
dekorasi dan jumlah tamu yang datang. Putri dan Ulya bisa meraih laba bersih
sekitar 30%.
Source: YukKitaParty |
Kendati cukup prospektif, kedua orang ini mengalami
kendala. Selain harus memenuhi keinginan konsumen yang sangat detail, hambatan
lain yang dirasakan oleh tim YUKITAParty adalah waktu.
“Banyak konsumen yang minta dibuatkan acara dalam waktu
singkat. Hal ini cukup memberatkan karena kami menjalankan YUKITAParty berdua
saja. Dimana saya masih kuliah dan harus bisa koordinasi dengan Ulya untuk
mengatur jadwal YUKITAParty. Namun, dengan waktu sempit itu kami mencoba
memberikan hasil maksimal,” tegasnya
BACA JUGA
loading...
0 Comment for "Semangat Bisnis dari Putri dan Ulya, Pemilik Brand YUKKITABELI dan YUKKITAPARTY"